DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Keadilan Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan mediasi Komitmen Organisasional
PENGARANG:CYNTIA PUSPITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-06


Cyntia Puspita, Pengaruh Keadilan Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan mediasi Komitmen Organisasional pada Kantor Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Kapuas. Meiske Claudia (Pembimbing).

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Keadilan Organisasi (X) sebagai variabel independen terhadap Kepuasan Kerja (Y1) dan Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Y2) sebagai variabel dependen serta untuk menganalisis Komitmen Organisasional (Z) memediasi Keadilan Organisasi terhadap Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasional memediasi Keadilan Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada pegawai negeri sipil Kantor Dinas Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Kapuas.

            Metode penelitian ini menggunakan kuesioner dengan 28 pegawai negeri sipil Kantor Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Kapuas sebagai sampel. Pengukuran variabel menggunakan teknik Skala Likert dengan skala bobot 1 sampai 7 dan untuk menguji tingkat signifikansi menggunakan analisis koefisien jalur diolah dengan program SmartPLS 4.0.

            Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Keadilan Organisasi berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja. Keadilan Organisasi berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Keadilan Organisasi berpengaruh terhadap Komitmen Organisasional. Komitmen Organisasional tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja pada pegawai negeri sipil Kantor Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Kapuas. Komitmen organisasional berpengaruh terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB). Komitmen Organisasional tidak memediasi pengaruh Keadilan organisasi terhadap kepuasan kerja. Komitmen Organisasional memediasi pengaruh keadilan organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada pegawai negeri sipil Kantor Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Kapuas.

 

Kata Kunci: Keadilan Organisasi, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior (OCB), Komitmen Organisasional.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI