DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI KELAS IV SD | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD NIZAR NISFIANOOR | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-06-06 |
Abstrak
Tujuan penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran, kelayakan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe materi sumber energi mata pelajar IPA dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan yaitu Research and Development dan model pengembangannya Four-D (4-D) dengan empat tahapan meliputi define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan angket berupa angket validitas produk serta angket respon siswa terhadap produk yang dikembangkan. Data hasil angket tersebut kemudian dianalisis berdasarkan kriteria validitas dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan penilaian ahli materi, media, dan naskah dan bahasa didapat skor rata-rata secara berturut-turut sebesar 90%, 97%, dan 89% sehingga media pembelajaran masuk kategori sangat layak digunakan; (2) berdasarkan hasil data angket respon siswa sebelum dan sesudah media pembelajaran diterapkan menunjukkan peningkatan minat belajar siswa secara signifikan dengan skor awal yang mencapai 896 meningkat menjadi 1062. Hal ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Sumber Energi
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI