DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perencanaan Bangunan Pengendali Longsor di Bantaran Sungai Montallat Desa Kandui, Kabupaten Barito Utara
PENGARANG:ERINA FEBRIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-07


Ruas Jalan Kandui – Montallat, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah merupakan jalan utama penghubung antara Desa Kandui dengan beberapa desa di Kecamatan Montallat. Longsor pada daerah tersebut memiliki panjang 70 meter dengan ketinggian bervariasi antara 0,5 – 1,85 meter. Longsor terjadi disebabkan oleh arus Sungai Montallat yang terus menggerus tebing sungai di ruas jalan, serta kurang baiknya sistem drainase di daerah tersebut.

Perancangan ini dimulai dengan pengumpulan data di lapangan dan laboratorium. Kemudian menghitung stabilitas dinding penahan tanah. Setelah itu dimodelkan dan dilakukan analisa Overall Stability menggunakan Software Geostudio SLOPE/W 2018 untuk mendapatkan nilai safety factor. Selain itu, juga dilakukan perencanaan bangunan krib sebagai pengatur arah aliran sungai.

Dari hasil perhitungan desain perancangan didapatkan Cantilever Wall dengan ketinggian 2 meter. Hasil perhitungan kontrol stabilitas dinding penahan tanah sebelum adanya perkuatan menggunakan tiang pancang menunjukkan nilai stabilitas geser dan daya dukung dinding penahan tanah tidak memenuhi, sehingga dipasang tiang pancang berdiameter 0,3 meter di bawah dinding penahan tanah sepanjang 7 meter. Nilai safety factor dari hasil analisa Overall Stability didapatkan sebesar 1,655 ≥ 1,5 maka Cantilever Wall dengan perkuatan menggunakan tiang pancang dinyatakan aman dari longsor. Terakhir, direncanakan krib tipe permeable menggunakan tiang pancang berdiameter 0,2 meter dengan kedalaman 5 meter, terdapat 3 buah tiang pancang pada setiap krib.


Kata kunci: Longsor, Dinding Penahan Tanah, Kantilever, Stabilitas Lereng, Krib

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI