DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penerapan Model PjBL Upaya Meningkatkan Kecakapan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Kelas X SMKN 1 Pandih Batu
PENGARANG:MARIANI AGUSTINI RAAIYATINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-07


RINGKASAN

Mariani Agustini Raaiyatini. 2023. Penerapan Model PjBL Upaya Meningkatkan Kecakapan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Kelas X SMKN 1 Pandih Batu. Pembimbing Utama: Prof. Dr. Sunarno Basuki, Drs., M.Kes. Pembimbing Pendamping: Dr. Mashud, S.Pd., M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan berfikir kritis dan hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan model PjBL pada peserta didik kelas X SMKN 1 Pandih Batu . subyek penelitian berjumlah 15 orang peserta didik yang terdiri dari 3 orang putri dan 12 orang putra. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan untuk mengukur kecakapan berfikir kritis dan tes keterampilan passing bawah untuk mengukur hasil belajar  serta lembar observasi guru dan siswa untuk mengamati proses pembelajaran dengan menerapkan model PjBL. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif menggunakan rumus prosentase dan kualitatif dianalisis dengan mengumpulkan data , merangkum, dan menyajikan.

Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan kecakapan berfikir kritis  siklus I sebesar 53%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 80%. Hasil belajar keterampilan passing bawah siklus I diperoleh 47% kemudian meningkat menjadi 73% di siklus II. Pada aktivitas guru berdasarkan penilaian observer diperoleh prosentase siklus I sebesar 60% dan siklus II menjadi 73%. dan pada aktivitas peserta didik dipeoleh prosentase siklus I sebesar 53% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 73%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL dapat meningkatkan kecakapan berfikir kritis dan hasil belajar passing bawah bola voli peserta didik  kelas X SMKN 1 Pandih Batu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI