DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN TARI KREASI BARU DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X DI SMKN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ELMA MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-07


ABSTRAK

ELMA MAULIDA. 2024. Pembelajaran Tari Kreasi Baru Dengan Model Project Based Learning Pada Siswa Kelas X di SMKN 1 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan. Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Seni. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. Edlin Yanuar Nugraheni, S.Sn., M.Sn dan Pembimbing II: Putri Dyah Indriyani, S.Pd., M.Pd

 

Penelitian ini membahas tentang pembelajaran seni budaya dengan memperhatikan proses pembelajaran tari kreasi baru dengan model Project Based Learning pada mata pelajaran seni budaya di kelas X SMKN 1 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari kreasi baru pada siswa kelas X di SMKN 1 Banjarmasin dan mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning yang digunakan dalam pembelajaran tari kreasi baru pada siswa kelas X di SMKN 1 Banjarmasin. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada proses pembelajaran di kelas, terdapat tiga tahap pembelajaran yaitu kegiatan pembuka (awal), kegiatan inti, dan kegiatan penutup (akhir). Pada kegiatan pembuka guru memberikan persepsi terkait materi pembelajaran, pada kegiatan inti guru menjelaskan materi terkait dengan seni tari yang meliputi pengertian seni tari, jenis-jenis seni tari, fungsi seni tari, unsur-unsur seni tari, makna seni tari dll, mengajarkan serta mempraktekkan gerakan-gerakan dasar tari yang dapat di praktekkan oleh siswa secara berulang-ulang di dalam kelas secara berkelompok. Dan pada kegiatan penutup, guru melakukan evaluasi untuk mengukur kemampuan siswa dalam menari. Penerapan model Project Based Learning pada pembelajaran tari kreasi baru dilakukan guru dengan memberikan tema atau sub tema tari sesuai dengan karateristik daerah setempat, kemudian siswa diberi kesempatan untuk menuangkan ide-ide atau gagasannya ke dalam tari kreasi yang mereka ciptakan sesuai dengan kreativitas masing-masing kelompok.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Tari Kreasi Baru, Model Project Based Learning, Siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI