DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI DESKRIPTIF PERILAKU MENYIMPANG PADA SISWA DI SMP NEGERI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:AISYAH RAIHAN NOERMALAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-07


Telah terjadi penyimpangan seksual di SMP 6 Banjarmasin yang berdampak pada bidang sosial, kesehatan, pendidikan, dan keamanan, Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gambaran perilaku penyimpangan seksual, faktor penyebab penyimpangan seksual, dampak penyimpangan seksual, dan peran guru BK dalam penyimpangan seksual di SMP Negeri 6 Banjarmasin.

 

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dari Miles dan Hubermanyaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sampel dalam penelitian ini adalah empat (4) orang siswa dan (1) guru Bimbingan dan Konseling.

 

Hasil penelitian gambaran perilaku penyimpangan seksual di SMP Negeri 6 Banjarmasin ditemukan ada siswa yang melakukan perilaku penyimpangan seksual yaitu, lesbian (penyuka sesama jenis). Perilaku penyimpangan ini terjadi karena faktor keluarga, lingkungan, biologis, dan kurangnya pengetahuan agama. Penyimpangan ini juga berdampak pada bidang sosial dan pendidikan kedua siswa tersebut. Dalam kasus ini guru BK berperan penting untuk membantu siswa, peran guru BK disini seperti memberikan pendidikan moral, agama serta pendidikan seks agar tidak terjadi lagi perilaku penyimpangan seksual di sekolah dan juga bekerja sama dengan orang tua dan pihak sekolah lainnya.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI