DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LITERASI BACA-TULIS PADA ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN (STUDI MULTISITUS DI PAUD TERPADU ISLAM SABILAL MUHTADIN DAN PAUD TERPADU BAITUL MAKMUR DI KOTA BANJARMASIN)
PENGARANG:YULIANA NURHAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-10


                 ABSTRAK

 

Nurhayati, Yuliana. 2024. Implementasi Pembelajaran Literasi Baca Tulis pada Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun (Studi Multisitus di PAUD Terpadu Islam Sabilal Muhtadin dan PAUD Terpadu Islam Baitul Makmur Kota Banjarmasin) Tesis pada Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Wahyu M.S., dan (2) Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci: Pembelajaran Literasi baca tulis dan  anak usia dini

 

 

 

   Pembelajaran literasi baca tulis dinilai sangat penting untuk pendidikan anak usia dini sebagai bentuk terbentuknya kemampuan dalam membaca dan menulis untuk mepersiapkan kejenjang pendidikan selanjutnya. Banyak perdebatanatau pro dan kontra di masyarakan tentang calistung yang diajarkan di  PAUD. Faktanya pada tingkat Sekolah Dasar (SD) tetap menuntut anak usia dini setelah selesai dari PAUD diharapkan mampu memiliki kemampuan dasar literasi tentang baca tulis. Mengingat fenomena dilapangan, PAUD tetap menerapkan calistung yang dimasukkan kedalam kegiatan literasi yang menyenangkan. Pembelajaran dilakukan sesuai dengan tahapan usia anak dengan cara bermain dan tanpa paksaan. 

 

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran literasi baca tulis anak usia 4-5 tahun serta fasilitas pendukung pembelajaran dan bentuk kolaborasi guru dan orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan di PAUD Terpadu Islam Sabilal Muhtadin dan PAUD Terpadu Islam Baitul Makmur Kota Banjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data tunggal dan data lintas situs dilakukan melalui kondensi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik untuk menguji keabsahan data  melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, penggunaan bahan referensi dan trianggulasi data,  mamberchek data dan analisis kasus.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) strategi penekanan pembelajaran aktif dan interaksi sosial dalam pengembangan pengetahuan anak melalui ragam main dan media seperti musik, kartu bergambar, storytelling, dan media elektronik, dapat menciptakan lingkungan stimulatif. Pendekatan holistik dan pembelajaran konstruktivis  dalam literasi baca tulis anak usia dini memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan literasi anak usia dini. (2) Keseluruhan fasilitas pendukung yang lengkap dapat menciptakan ekosistem pembelajaran holistik, melibatkan semua pihak terkait dalam mendukung perkembangan anak-anak usia dini. (3) Kesadaran tinggi, komunikasi aktif, dan pertemuan  dari kedua belah pihak terhadap kebutuhan anak-anak dalam mendukung kegiatan literasi di rumah dan di sekolah sangat di utamakan untuk mencapai kemampuan potensi anak secara optimal.

 

Saran: Guru PAUD harus diikutsertakan dalam pelatihan strategi pembelajaran sesuai perkembangan zaman, penambahan fasilitas CCTV sebagai pengamat aktivitas anak, dan perlu ditambahkan tenaga khusus seperti tenaga psikolog anak untuk menangani masalah atau kendala pada anak secara khusus.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI