DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Efektivitas Efesiensi Pemungutan Pajak Melalui Drive Thru Pada Samsat Banjarmasin II
PENGARANG:M.ILHAM ARYA NUGRAHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-12


Pajak di Indonesia adalah kewajiban rakyat yang mendukung kepentingan negara dan masyarakat, berperan penting sebagai sumber dana pembangunan dan kegiatan pemerintahan. Pajak Daerah, termasuk Pajak Kendaraan Bermotor, adalah kontribusi vital bagi kemakmuran daerah.

Samsat Kota Banjarmasin II meluncurkan layanan Drive Thru pada tahun 2019, mempercepat pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor menjadi sekitar 5 menit di luar Kantor Bersama SAMSAT. Inovasi ini meningkatkan efisiensi pelayanan dan mengatasi praktik calo.

Penelitian ini menganalisis efektivitas dan efisiensi pemungutan pajak melalui layanan drive-thru di Samsat Banjarmasin II menggunakan studi lapangan dan analisis data primer dan sekunder. Hasil menunjukkan bahwa drive-thru meningkatkan jumlah pembayaran pajak dan mengurangi waktu transaksi. Faktor-faktor yang mempengaruhi termasuk infrastruktur, kualitas pelayanan, dan kepatuhan pajak masyarakat.

Rekomendasi meliputi peningkatan infrastruktur teknologi, pelatihan petugas, dan kampanye kesadaran pajak. Penelitian ini diharapkan membantu pengembangan sistem pemungutan pajak yang lebih efektif dan efisien serta meningkatkan layanan publik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI