DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA KELAS III DI SMP NEGERI 30 BANJARMASIN
PENGARANG:AYU WINDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-12


ABSTRAK

 

Ayuwinda. 2023. Gambaran Student Engagement Pada Siswa Kelas VIII DI SMP Negeri 30 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Sulistiyana M.Pd, (II) Hendro Yulius Putro, S.Pd., M.Psi.

Kata Kunci: Student Engagement, Siswa

Student engagement adalah bentuk keterlibatan siswa yang ditunjukan dengan sikap berpartisipasi aktif dan fokus dalam belajar. Siswa yang memiliki fokus dalam belajar yang baik dianggap memiliki tingkat student engagement yang tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keterlibatan siswa di SMP Negeri 30 Banjarmasin, mengetahui faktor yang mempengaruhi student engagement siswa di SMP Negeri 30 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengumpulan data dilakukan dengan angket skala student engagement. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada siswa di SMP Negeri 30 Banjarmasin dengan jumlah populasi 175 dan sampel sebanyak 115 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.

Tingkat keterlibatan siswa di SMP Negeri 30 Banjarmasin termasuk pada kategori tinggi, seluruh siswa terlibat dalam proses pembelajaran baik dibidang akademik maupun non akademik, faktor yang mempengaruhi student engagement siswa di SMP Negeri 30 Banjarmasin adalah faktor individu dan faktor lingkungan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI