DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Social Loafing Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Negeri 9 Banjarmasin
PENGARANG:IIS FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-12


Iis Fitriani. 2023. Pengaruh Social Loafing Terhadap Prokrastinasi Akademik  Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 9 Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Ali Rachman, M. Pd; (2) Dr. Nina Permata Sari, S. Psi, M. Pd

Kata Kunci: Social Loafing, Prokrastinasi Akademik

 

Prokrastinasi akademik merupakan masalah umum yang sering terjadi dikalangan siswa, yang mana hal ini ditandai malasnya siswa dalam mengerjakan tugas. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah kemalasan sosial (social loafing). Prokratinasi akademik adalah kegiatan menunda nunda tugas yang telah diberikan sedangkan social loafing adalah keadaan dimana seseorang hanya melakukan sedikit usahanya untuk menyelesaikan tugas. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social loafing terhadap prokrastinasi akademik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelian ini yaitu sampel jenuh. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI di SMA Negeri 9 Banjarmasin dengan populasi sebanyak 250 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 250 juga. Adapun hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh antara variabel social loafing terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMA Negeri 9 Banjarmasi, karena dapat diketahui bahwa nilai signifikansi untuk pengaruh social loafing terhadap prokrastinasi akademik adalah 0,001 < 0,05, artinya variabel social loafing terhadap prokrastinasi akademik memiliki pengaruh, sehingga (Ha) dapat diterima, bahwa terdapat pengaruh antara variabel social loafing terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Banjarmasin.

Kesimpulannya dari penelitian ini bahwa social loafing memiliki pengaruh terhadap prokrastinasi akademik kepada siswa sebesar 10,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Guru BK diharapkan dapat memberikan layanan yang bertemakan prokrastinasi akademik dan social loafing, yang mana ini akan berimplikasi pada fungsi pemahaman dalam layanan bimbingan dan konseling pada siswa agar memiliki pemahaman tentang bahaya gangguan social loafing dan prokrastinasi akademik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI