DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Pemungutan Retribusi Pasar Kuripan Kota Banjarmasin
PENGARANG:MEISYA ALMA SONIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-13


Pasar adalah elemen penting dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan sebagai upaya memenuhi kebutuhan hidup. Pasar memiliki peran yang krusial dalam menjembatani interaksi antara produsen dan konsumen. Keberadaan pasar penting dalam perputaran roda ekonomi lingkungan sekitarnya. Retribusi pasar sangat potensial untuk ditingkatkan penerimaannya dan perlu adanya upaya strategis dan berkelanjutan agar pendapatan asli daerah semakin meningkat dan terasa manfaatnya bagi masyarakat. Salah satu upaya yang harus ditempuh antara lain meningkatkan mutu pelaksanaan retribusi, memperbaiki dan meningkatkan sarana dan prasarana agar para pengguna pasar merasa nyaman. Dikarenakan terdapat tunggakan yang masih lumayan tinggi pada Pasar Kuripan Kota Banjarmasin, padahal pendapatan yang diperoleh melalui penarikan Retribusi Pasar setiap tahunnya meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemungutan retribusi Pasar Kuripan Kota Banjarmasin serta mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala dalam pemungutan retribusi Pasar Kuripan Kota Banjarmasin.

       Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif guna memberikan gambaran yang sesuai fakta yang terjadi di lapangan. Teknik pengambilan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi yang kemudian diolah dengan teknis analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

       Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas Pemungutan Retribusi Pasar Kuripan Kota Banjarmasin sudah cukup efektif berdasarkan 5 indikator menurut Edy Sutrisno (2007) berdasarkan lima indikator seperti pemahaman program oleh pedagang, tepatnya sasaran dalam pemeriksaan bukti pembayaran, dan pencapaian tujuan pemungutan melalui aplikasi SIMPASAR. Namun, ada beberapa program yang masih perlu dibenahi, khususnya terkait dengan ketepatan waktu pembayaran retribusi. Upaya peningkatan kesadaran dan kepatuhan pedagang melalui edukasi dan insentif mungkin diperlukan untuk mengatasi masalah ini.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Pemungutan, Retribusi Pasar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI