DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA (KEM) TEKS EKPLANASI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS-5 SMA NEGERI 8 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2022-2023
PENGARANG:NUR AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-14


Amalia, Nur. 2023. Kecepatan Efektif Membaca (KEM) Teks Eksplanasi Peserta

Didik Kelas XI IPS-5 SMA Negeri 8 Banjarmasin Tahun Ajaran 2022-2023.

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan

Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Pembimbing : Prof. Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.

Kata Kunci: Kecepatan efektif membaca, kecepatan membaca, pemahaman isi,

pembelajaran, teks eksplanasi

Pada buku teks pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah aspek membaca

merupakan salah satu aspek terpenting pada materi Bahasa Indonesia. Tujuan dari

pembelajaran membaca ialah menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan

siswa dalam membaca agar dapat mencerna dengan baik dan cepat tentang materi

yang diajarkan, serta mampu menggunakan keterampilan membaca untuk

meningkatkan pemahaman dunia yang lebih luas. Selain itu, tujuan lain dalam

pembelajaran membaca untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis,

penalaran, dan kemampuan analisis yang penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecepatan efektif membaca (KEM)

dan pemahaman isi peserta didik terhadap teks yang dibacanya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik

pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik tes. Data penelitian ini ialah

lembar kerja siswa yang dilakukan di kelas. Sumber data dalam penelitian ini ialah

siswa SMA Negeri 8 Banjarmasin Kelas XI IPS-5.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata KEM peserta didik

termasuk pada kategori lambat. Skor rata-rata tertinggi dicapai responden sebesar

208 kpm, dan skor rata-rata terendah dicapai responden sebesar 104 kpm. Frekuensi

yang diperoleh dari skor KEM 0% untuk kategori sedang (250-350 kpm) terdapat

0 peserta didik dan 100% untuk kategori lambat (≤ 150-250 kpm) terdapat 31

peserta didik.

Hasil dari pemahaman isi peserta didik kelas XI IPS-5 SMA Negeri 8

Banjarmasin dicapai dengan skor responden tertinggi sebesar 100 dan skor

responden terendah sebesar 70. Frekuensi dan persentase skor pemahaman isi

kategori (51-75) berjumlah 4 siswa dengan persentase 13%, kategori (76-90)

berjumlah 21 siswa dengan persentase 68%, dan kategori (91-100) berjumlah 6

dengan persentase 19%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI