DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | KECEPATAN EFEKTIF MEMBACA (KEM) TEKS EKPLANASI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS-5 SMA NEGERI 8 BANJARMASIN TAHUN AJARAN 2022-2023 | |
PENGARANG | : | NUR AMALIA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-06-14 |
Amalia, Nur. 2023. Kecepatan Efektif Membaca (KEM) Teks Eksplanasi Peserta
Didik Kelas XI IPS-5 SMA Negeri 8 Banjarmasin Tahun Ajaran 2022-2023.
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan
Bahasa dan Seni. FKIP. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
Pembimbing : Prof. Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.
Kata Kunci: Kecepatan efektif membaca, kecepatan membaca, pemahaman isi,
pembelajaran, teks eksplanasi
Pada buku teks pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah aspek membaca
merupakan salah satu aspek terpenting pada materi Bahasa Indonesia. Tujuan dari
pembelajaran membaca ialah menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan
siswa dalam membaca agar dapat mencerna dengan baik dan cepat tentang materi
yang diajarkan, serta mampu menggunakan keterampilan membaca untuk
meningkatkan pemahaman dunia yang lebih luas. Selain itu, tujuan lain dalam
pembelajaran membaca untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis,
penalaran, dan kemampuan analisis yang penting dalam kehidupan bermasyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecepatan efektif membaca (KEM)
dan pemahaman isi peserta didik terhadap teks yang dibacanya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik tes. Data penelitian ini ialah
lembar kerja siswa yang dilakukan di kelas. Sumber data dalam penelitian ini ialah
siswa SMA Negeri 8 Banjarmasin Kelas XI IPS-5.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata-rata KEM peserta didik
termasuk pada kategori lambat. Skor rata-rata tertinggi dicapai responden sebesar
208 kpm, dan skor rata-rata terendah dicapai responden sebesar 104 kpm. Frekuensi
yang diperoleh dari skor KEM 0% untuk kategori sedang (250-350 kpm) terdapat
0 peserta didik dan 100% untuk kategori lambat (≤ 150-250 kpm) terdapat 31
peserta didik.
Hasil dari pemahaman isi peserta didik kelas XI IPS-5 SMA Negeri 8
Banjarmasin dicapai dengan skor responden tertinggi sebesar 100 dan skor
responden terendah sebesar 70. Frekuensi dan persentase skor pemahaman isi
kategori (51-75) berjumlah 4 siswa dengan persentase 13%, kategori (76-90)
berjumlah 21 siswa dengan persentase 68%, dan kategori (91-100) berjumlah 6
dengan persentase 19%.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI