DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN SASTRA DENGAN METODE ``PROBLEM BASED LEARNING`` DI KELAS XII SMAS PGRI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:WANDA RIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-14


Riana, Wanda. 2023. Learning Literature with Problem Based Learning Method in Class XII SMAS PGRI 1 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP- ULM Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Moh. Fatah Yasin; (II) Lita Luthfiyanti, M.Pd.,

Kata kunci: pembelajaran sastra, metode problem based learning

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana pembelajaran sastra dengan metode problem based learning di kelas XII SMAS PGRI 1 Banjarmasin, 2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan saat pelaksanaan pembelajaran sastra dengan metode problem based learning di kelas XII SMAS PGRI 1 Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi dan sampel seluruh siswa kelas XII SMAS PGRI 1 Banjarmasin yang terdiri dari 22 orang. Teknik pengumpulan data diantaranya, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, penyajian data dengan tabulasi dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket.

Hasil temuan dari penelitian ini menyatakan bahwa: Pertama, adanya minat siswa pada pembelajaran sastra dengan metode problem based learning di kelas XII SMAS PGRI 1. Hasil ini diperoleh dari analisis data statistik deskriptif dengan persentase yang tinggi pada pernyataan positif yang mengacu pada indikator minat belajar siswa, dengan jumlah rata rata yaitu sebanyak 44,75% menyatakan SETUJU. Sedangkan pada pernyataan negatif dengan jumlah rata-rata 37,50% menyatakan TIDAK SETUJU. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran sastra dengan metode problem based learning termasuk dalam kategori baik. Kedua, hambatan-hambatan dalam pembelajaran sastra dengan menggunakan metode problem based learning yaitu 1) tidak semua siswa dalam kelompok berperan aktif dalam mengerjakan tugas, 2) kurangnya rasa percaya diri saat mengemukakan pendapat, 3) pemanfaatan waktu belajar yang kurang efektif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI