DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PROGRAM HOLISTIK INTEGRATIF PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Multi Situs di TK Negeri Pembina Inti Banjarmasin Tengah dan TK Negeri Pembina Banjarmasin Timur 2)
PENGARANG:KHAIRUN NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-16


Program holistik integratif pada pendidikan anak usia dini dianggap penting dalam mendukung tu mbuh kembang anak secara terpadu dan menyeluruh yang mencakup layanan pendidikan, gizi dan kesehatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak usia dini demi dengan tujuan mewujudkan anak yang sehat, cerdas, dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif. PAUD holistik integratif tidak dapat terlaksana jika tidak ada kerjasama antara pihak terkait dari lintas sektor. Oleh karena itu diperlukan kolaborasi untuk mensukseskan pendidikan holistik Integratif dilembaga, guna memenuhi kebutuhan anak secara optimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang program holistik integratif pada pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif desain multi situs, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data pada penelitian ini melalui dua tahap yaitu analisis data situs dan analisis data lintas situs, dengan menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman. Hasil analisis diperiksa keabsahan data dengan triangulasi data.  

Hasil penelitian yang diperoleh mengenai implementasi program holistik integratif pada  pendidikan anak usia dini di TK Negeri Pembina Banjarmasin Tengah dan TK Negeri Pembina Banjarmasin Timur 2 menyimpulkan bahwa: 1) perencanaan program holistik integratif pada pendidikan anak usia dini termuat dalam program kerja tahunan dan standar operasional prosedur yang termuat juga dalam kurikulum operasional satuan pendidikan. 2) Pelaksanaan program holistik integratif meliputi layanan pendidikan, kesehatan dan gizi, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan yang melibatkan kerjasama dengan pihak terkait lintas sektor 3) Evaluasi dilakukan dengan melihat laporan tumbuh kembang anak melalui raport dan kartu menuju sehat anak.

Saran dalam penelitian: (1) Untuk lembaga PAUD agar mengoptimalkan pelaksanaan PAUD holistik integratif dengan merencanakan kegiatan khusus program holistik integratif sebelum melaksanakan kegiata  (2) untuk orang tua untuk selalu berpartisipasi aktif dalam mendukung program holistik integratif dengan hadir selalu dalam pembinaan yang diadakan di lembaga (3) untuk pendidik dapat berkontribusi aktif menjalankan program yang telah dirancang pada lembaga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI