DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN ETIKA BERKOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BERLANDASKAN NILAI PANCASILA UNTUK GENERASI Z.
PENGARANG:ANY YUNITA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-19


 

ABSTRAK

 

 

 

Any Yunita Sari, 2024. Penerapan Etika Berkomunikasi di Media Sosial Instagram Berlandaskan Nilai Pancasila Untuk Generasi Z. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Wahyu, Pembimbing (II) Mariatul Kiptiah.

 

Kata Kunci: Etika, Instagram, Nilai Pancasila.

 

Masalah pokok ini mengenai penerapan etika berkomunikasi dalam menggunakan media sosial khususnya Instagram yang dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2020 Prodi PPKn FKIP ULM. Setelah diamati, peneliti menemukan bahwa masih ada mahasiswa PPKn angkatan 2020 yang masih kurang memahami tentang aturan dan etika dalam menggunakan media sosial Instagram. Menyadari hal tersebut betapa pentingnya sebagai mahasiswa harus bisa menerapkan etika berkomunikasi yang baik maupun itu berkomunikasi di dunia maya ataupun di dunia nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meanalisis pemahaman dan penerapan mahasiswa 2020 PPKn FKIP ULM mengenai etika berkomunikasi pada generasi Z terhadap media sosial Instagram.

 

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

Hasil Penelitian yang didapat pada mahasiswa angkatan 2020 FKIP ULM:

 

(1) pemahaman mahasiswa 2020 PPKn FKIP ULM dalam memahami etika berkomunikasi pada generasi Z terhadap media sosial instagram sudah cukup baik dalam memahami etika berkomunikasi. Ketika mahasiswa menggunakan media sosialnya mahasiswa sangat berhati-hati dalam me upload postingan atau berkomentar di instagram. (2) penerapan etika berkomunikasi mahasiswa 2020 PPKn FKIP ULM sesuai dengan nilai pancasila di media sosial instagram untuk generasi Z sudah sangat baik. Penerapan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menggunakan media sosial di instagram adalah dengan menggunakan bahasa yang baik dan harus bijaksana dalam menggunakan media sosial.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pemahaman mahasiswa dalam memahami etika berkomunikasi pada generasi Z sudah cukup baik, penerapan etika berkomunikasi mahasiswa 2020 PPKn FKIP ULM sesuai dengan nilai pancasila di media sosial instagram untuk generasi Z sudah sangat baik. Disarankan mahasiswa 2020 PPKn FKIP ULM lebih meningkatkan lagi pemahaman Etika berkomunikasi di Instagram, dan mempertahankan penerapkan etika berkomunikasi di media sosial instagram agar komunikasi di media sosial terus berjalan dengan baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI