DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH ?FAKTOR-FAKTOR DALAM KINERJA KEUANGAN DAN DIVERSITAS GENDER DEWAN DIREKSI TERHADAP PENGUNGKAPAN DALAM SUSTAINABILITY REPORT (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2022)
PENGARANG:NURHALISA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-19


Nurhalisa Safitri (2024). Pengaruh Faktor-Faktor Dalam Kinerja Keuangan Dan Diversitas Gender Dewan Direksi Terhadap Pengungkapan Dalam Sustainability Report (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022).

Pembimbing : Dr. Monica Rahardian Ary Helmina, SE.,M.Si

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Aktivitas, dan Diversitas Gender Dewan Direksi terhadap pengungkapan dalam Sustainability Report. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Aktivitas, dan Diversitas Gender Dewan Direksi. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengungkapan dalam Sustainability Report. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif.

Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2022, dimana terdapat 56 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling menghasilkan 40 sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan mengumpulkan laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan Eviews 12.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas (ROE), Leverage (DER), Aktivitas (TATO), Diversitas Gender Dewan Direksi berpengaruh terhadap pengungkapan dalam Sustainability Report. Sedangkan Likuiditas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan dalam Sustainability Report.

 

Kata Kunci : Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, Aktivitas, Diversitas Gender Dewan Direksi, Pengungkapan dalam Sustainability Report

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI