DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MODEL IDEAL PEMBELAJARAN ONLINE PASCA PANDEMI PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI BERBASIS ANALISIS KEPUASAN PUBLIK
PENGARANG:AHMAD RIFANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-19


Salah satu upaya pembangunan dalam bidang pendidikan adalah tersedianya pelayanan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas di perguruan tinggi diantaranya dalam bentuk penyediaan platform pembelajaran online. Kepuasan mahasiswa  dan dosen pada platform pembelajaran online merupakan salah satu indikator keberhasilan pemberian pelayanan publik pada perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah : (1) menganalisis pengaruh Budaya terhadap Persepsi Kemudahan; (2) menganalisis pengaruh Persepsi Risiko terhadap Persepsi Kemudahan; (3) menganalisis pengaruh Kepercayaan terhadap Persepsi Kemanfaatan; (4) menganalisis pengaruh Kepercayaan terhadap Persepsi Kemudahan; (5) menganalisis pengaruh Persepsi Risiko terhadap Kepercayaan; (6) menganalisis pengaruh Persepsi Kemanfaatan terhadap Kepuasan Pengguna; (7) menganalisis pengaruh Persepsi Kemudahan terhadap Kepuasan Pengguna; serta (8) menganalisis pengaruh Persepsi Kemudahan terhadap Persepsi Kemanfaatan dalam menggunakan platform pembelajaran online.

            Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan diolah dengan menggunakan software SPSS untuk statistik deskriptif variabel penelitian yang dianalisis dengan metode three-box method. Program SEM-PLS4 digunakan untuk menguji dua model penelitian yaitu model mahasiswa dan model dosen.

            Hasil penelitian menunjukkan: (1) variabel Budaya berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Kemudahan untuk model mahasiswa dan dosen. (2) Persepsi Risiko berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Persepsi Kemudahan untuk model mahasiswa dan dosen. (3) Persepsi Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Kemanfaatan pada model mahasiswa dan berpengaruh positif tidak signifikan pada model dosen. (4) Persepsi Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap Persepsi Kemudahan pada model mahasiswa dan dosen. (5) Persepsi Risiko berpengaruh negatif signifikan terhadap kepercayaan pada model dosen dan berpengaruh negatif tidak signifikan pada model mahasiswa. (6) Persepsi Kemanfaatan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pengguna pada model mahasiswa dan berpengaruh negatif tidak signifikan pada model dosen. (7) Persepsi Kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Pengguna pada model mahasiswa dan dosen. (8) Persepsi Kemudahan berpengaruh postif signifikan terhadap Persepsi Kemanfaatan pada model mahasiswa dan dosen.

 

Kata Kunci: Kepuasan Layanan Publik, Budaya, Persepsi Risiko, Kepercayaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI