DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENERAPAN E-SAMSAT DAN SOSIALISASI E-SAMSAT TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA UPPD BANJARMASIN II
PENGARANG:POLINA NALISTIA IRAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-19


Polina Nalistia Irawan (2024). Pengaruh Penerapan E-Samsat dan Sosialisasi E-Samsat terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor pada Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah Banjarmasin II.

Pembimbing: Muhammad Nordiansyah

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan E-Samsat     dan sosialisasi E-Samsat terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor pada Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah Banjarmasin II. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah E-Samsat dan sosialisasi E-Samsat. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor.

Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak pengguna E-Samsat pada periode 2020- 2023 di UPPD Banjarmasin II sebanyak 9.859 wajib pajak pengguna E-Samsat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Non-Probability Sampling. Metode penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yang berarti menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel pada penelitian ini berjumlah seratus wajib pajak kendaraan bermotor. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda melalui program SPSS versi 26.

Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan E-Samsat berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor. Sedangkan sosialisasi E-Samsat tidak berpengaruh terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor.

 

 

Kata Kunci: Penerapan E-Samsat , Sosialisasi E-Samsat , Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI