DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:SITI RAZHIELA FEBRIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-19


Siti Razhiela Febrian (2024). Analisis Fakor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.
Pembimbing : Muhammad Nordiansyah

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sistem pengendalian intern , kompetensi sumber daya manusia, penerapan sistem akuntansi keuangan daerah dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem pengendalian intern, kompetensi sumber daya manusia, penerapan sistem akuntansi keuangan daerah dan pemanfaatan teknologi informasi. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

Populasi dalam penelitian ini adalah pejabat penatausahaan keuangan pada 48 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kalimantan Selatan sebanyak 350 pejabat. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Non-Probability Sampling. Metode penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, yang berarti menentukan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel pada penelitian ini berjumlah 160 pejabat pada 48 SKPD Provinsi Kalimantan Selatan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda melalui program SPSS versi 26.

Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa sistem pengendalian intern tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, kompetensi sumber daya manusia berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, penerapan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, dan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah.

 

Kata Kunci : Sistem Pengendalian Intern, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI