DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN “ARTICULATE STORYLINE” PADA MATERI “TERAMPIL MENYUNTING CERITA PENDEK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BANJARMASIN”
PENGARANG:REIHANA ISTIQAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-19


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan pembuatan dan kelayakan materi pembelajaran berbasis Android yang menggunakan Articulate Storyline pada materi menyunting cerita pendek untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan 4D digunakan dalam penelitian ini. Paradigma pengembangan ini terdiri dari tahap-tahap berikut: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei, wawancara, dan observasi. Dengan menggunakan skala Likert dan uji N-Gain, pendekatan analisis kuantitatif deskriptif diterapkan pada data.

Validasi kelayakan media mendapatkan nilai 97% dan juga masuk dalam kategori sangat layak, sedangkan hasil validasi kelayakan materi mendapatkan nilai 95% dan tergolong sangat layak. Nilai kategori sedang untuk penilaian Pretes sebesar 57,16%, Posttes sebesar 73%, dan uji N-Gain sebesar 0,6%. Berdasarkan semua penelitian tersebut, jelas bahwa penggunaan penelitian pengembangan ini sebagai bahan pembelajaran sangat layak dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI