DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA UMKM KULINER DI DERMAGA BANJAR RAYA BANJARMASIN
PENGARANG:NOOR HALIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-19


Noor Halida (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing pada UMKM Kuliner di Dermaga Banjar Raya BanjarmasinPembimbing : Ahmad Rifani

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada UMKM Kuliner di Dermaga Banjar Raya Banjarmasin; 2) Untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing pada UMKM Kuliner di Dermaga Banjar Raya Banjarmasin

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan bersifat sebab dan akibat (kausal) dalam melihat hubungan variabel terhadap obyek yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM Kuliner di Dermaga Banjar Raya Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sensus. Responden pada penelitian ini berjumlah 41 responden.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan aplikasi program SPSS Statistics 26.

Hasil uji t pada penelitian ini membuktikan adanya pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk (X1) terhadap keunggulan bersaing(Y) dan adanya pengaruh positif dan signifikan antara orientasi pasar (X2) terhadap keunggulan bersaing(Y) pada UMKM Kuliner di Dermaga Banjar Raya, Banjarmasin. Hasil uji koefisien determinasi R2 menunjukkan bahwa variabel keunggulan bersaing (Y) dapat dipengaruhi oleh kualitas produk (X1) dan orientasi pasar (X2) sebesar 82,8% sedangkan 17,2% sisanya dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI