DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI ASSESSMENT DALAM BENTUK PENUGASAN PRAKTIK DENGAN TEMA KEARIFAN LOKAL PADA PROYEK P5 KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 10 BANJARMASIN
PENGARANG:NISFADIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-19


Nisfadia, 2024. Implementasi Asessment Dalam Bentuk Penugasan Praktik     Dengan Tema Kearifan Lokal Pada Proyek P5 Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri10 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan PancasiladanKewarganegaraan,JurusanPendidikanIlmuSosial(IPS)FKIPUniversitas LambungMangkurat. Pembimbing(1)Fatimah.

 

Kata Kunci: Asessment, Penugasan Praktik, Kearifan Lokal, P5

                Masalah pokok dari penelitian ini adalah kurangnya pemahaman guru terhadap penilaian pada P5 dengan tema Kearifan Lokal sebagai tim fasilitator dalam P5 yang menggunakan sistem penilaian penugasan praktik, namun dari pihak pemerintah tidak memberi panduan resmi untuk pembuatan rubrik penilaian, sehingga guru diwajibkan mampu membuat rubrik secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penilaian program P5 di kelas VII SMP Negeri 10 Banjarmasin, ditujukan agar dapat mengukur hasil belajar siswa dalam pelaksanaan penugasan praktik.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah koordinator dan fasilitator proyek P5. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian yang didapat dari pada assesment proyek dalam bentuk penugasan praktik dengan tema kearifan lokal pada proyek p5 kurikulum merdeka di SMP Negeri 10 Banjarmasin : (1) proses pelaksanaan program pada kegiatan pada penilaian penugasan praktik diawali dengan pembentukan tim P5, merancang  jadwal pelaksanaan,  menentukan indikator penilaian dan membuat rubrik penilaian  (2) cara guru mengenalkan 41 macam kue khas banjar dalam penanaman nilai kewarganegaraan kultural dengan cara menjelaskan materi dan mempercayai filosofi masing-masing kue khas banjar (3) peran guru yakni memfasilitasi sepenuhnya kreativitas siswa dengan menyiapkan bahan dan alat untuk penugasan praktik proyek P5.

Disarankan kepada penanggung jawab proyek P5 diharapkan meningkatkan kreativitas dan kemampuan dalam melaksanakan perencanaan agar dapat memahami sistem penilaian dan jobdesc yang sudah dibagikan, tim P5 juga dapat mengarahkan siswa untuk meningkatkan kreativitas dalam pelaksanaan penugasan praktik proyek P5 secara maksimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI