DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN CHROMEBOOK SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAGI SISWA DI SMPN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:ZAIRIDA ISRA ALIFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-20


Sejak diberlakukannya Kurikulum Merdeka, proses pembelajaran dalam dunia pendidikan perlahan mengalami transformasi menuju pembelajaran digital, dalam hal ini pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait digitalisasi sekolah, untuk mendukung kebijakan kegiatan belajar secara digital ini yaitu dengan cara menyediakan bahan ajar dalam jaringan untuk digunakan bersama stakeholder pendidikan hingga bantuan perangkat TIK untuk satuan pendidikan salah satunya adalah chromebook. Chromebook merupakan perangkat yang aman digunakan siswa, mudah dan sederhana, yang akan di update secara otomatis dan mudah untuk dikelola yang dapat diakses dengan akun belajar.id. Penelitian ini berfokus untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang bagaimana strategi pemanfaatan dan efektifitas chromebook dalam pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan efektifitas yang dilihat dari respon siswa terhadap penggunaan chromebook yaitu antusiasme siswa yang dapat memberikan pengalaman baru dalam belajar dan menyenangkan sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang aktif berujung pada peningkatan minat dan motivasi belajar siswa, dengan pemanfaatan chromebook siswa dapat menguasai dan memahami pelajaran. Efektifitas baik ini terjadi ketika menggunakan strategi pemanfaatan chromebook dengan pola pemanfaatan situasi kelas yang mana penggunaanya dipadukan dengan proses belajar mengajar dan digunakan dalam kolaborasi proyek siswa dan tugas-tugas sekolah siswa.

Kata Kunci : Pemanfaatan, Chromebook, Penunjang Pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI