DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT DI MATANG KALADAN DESA TIWINGAN LAMA KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:AMIRUL MUKMININ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-20


Amirul mukminin, 2023, NIM 1910416310072, Pengembangan Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat DiMatang Kaladan Desa Tiwingan Lama Kabupaten Banjar, Pembimbing Dr. Ellyn Normelani, M.Pd., MS.

Pemberdayaan masyarakat berbasis pariwisata mengangkat permasalahan tentang tugas pengelola wisata dalam memberdayakan kawasan sekitar wisata untuk mendongkrak pendapatan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh perkembangan pariwisata Bukit Matang kaladan terhadap Partisipasi Masyarakat di Desa Tiwingan Lama.

Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakanpenelitianyangdilakukansecaralangsungdilapanganataubisadisebut denganfieldresearch.pengumpulandatamenggunakanobservasisecaralangsung dan kuesioner, dan melakukan analisis data dengan analisis SWOT.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pengembangan pariwisata bukit matang kaladan dipengaruhi oleh faktor ekternal dari acaman treathsdan sebagian di pengaruhi oleh perubahan iklim yang secara terus menerus sehingga dapat mempengaruhi kunjungan wisatawan.

 

KataKunci:Pariwisata,PartisipasiMasyarakat

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI