DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU MENIRU PADA ANAK USIA DINI (Studi Multi Situs di PAUD Terpadu Santa Maria Banjarmasin dan PAUD Terpadu Kristen Kanaan Banjarmasin)
PENGARANG:VERAWATI MANURUNG
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-21


Gadget sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan manusia, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Sementara itu, masa usia dini cenderung suka meniru apa yang dilihat. Hal ini menyebabkan penggunaan gadget dapat memberi dampak terhadap perilaku meniru anak, baik positif maupun negatif.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan gadget terhadap perilaku meniru anak usia dini di PAUD Terpadu Santa Maria Banjarmasin dan PAUD Terpadu Kristen Kanaan Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif desain multi situs, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data melalui dua tahap yaitu analisis data situs dan analisis data lintas situs, dengan menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman. Hasil analisis diperiksa keabsahan data dengan triangulasi data.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Penggunaan gadget  pada anak usia dini dengan pengawasan dan batasan waktu yang tepat akan menimbulkan beberapa dampak positif terhadap perilaku meniru berupa peningkatan imajinasi dan rasa percaya diri anak usia dini; mengasah kecerdasan kognitif dan sosial; serta mengembangkan kemampuan membaca, numerik dan pemecahan masalah pada anak usia dini. Selain itu, penggunaan gadget anak usia dini berdampak positif pada perilaku meniru anak berupa peniruan langsung, peniruan tidak langsung, peniruan gabungan dan peniruan berkelanjutan. 2) Penggunaan gadget pada anak usia dini juga memiliki dampak negatif terhadap perilaku meniru, terutama jika digunakan secara berlebihan dan tanpa kontrol yang tepat. Adapun dampak negatif tersebut antara lain membuat konsentrasi anak menurun dan rasa malas untuk belajar menulis dan membaca jika tanpa gadget; memperburuk kemampuan bersosialisasi dan perilaku anak; mengganggu kesehatan anak dan memicu kecanduan; serta menghambat kemajuan perkembangan kognitif dan bahasa anak. Selain itu, penggunaan gadget  anak usia dini juga dapat berdampak negatif pada perilaku meniru anak, terutama yang dipraktekkan pada jenis peniruan langsung dan peniruan sesaat atau seketika.

Saran dari peneliti adalah agar kiranya para pendidik dan orang tua dapat mengontrol penggunaan gadget anak usia dini secara bijak dan tepat. Memahami dampak-dampak yang dapat timbul dari penggunaan gadget  dan menghindari kemungkinan terburuk dengan melakukan pencegahan kecanduan dan dampak negatif lainnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI