DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Bullying Dalam Drama Korea The Glory Season 1 dan 2 (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)
PENGARANG:CINTANA DINDA ARLITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-21


ABSTRAK

Cintana Dinda Arlita, 2010414120012, 2024, Bullying Dalam Drama Korea The Glory Season 1 dan 2 (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce), dibimbing oleh Fahrianoor.

            Drama Korea The Glory merupakan film yang bergenre drama dan thriller disutradarai oleh Ahn Gil-ho dan ditulis dengan sangat baik oleh Kim Eun-sook yang dirilis pada tanggal 30 Desember 2022 dan season 2 tayang pada 10 Maret 2023 pada platform Netflix. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kode makna tanda-tanda dan kode pesan tindakan kekerasan bullying dalam drama Korea The Glory season 1 dan 2.

            Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Teknik analisis yang digunakan adalah semiotika Charles Sanders Peirce yang membagi semiotika menjadi 3 yaitu representamen, objek dan intrepretan. Teori yang digunakan peneliti adalah teori konstruksi sosial dan teori semiotika Charles Sanders Peirce.

            Hasil penelitian ini menemukan kode makna tanda-tanda bullying pada 15 scene drama Korea The Glory season 1 dan 2 yaitu bullying verbal dan non verbal. Kode pesan bullying direpresentasikan dengan cara memukul, menampar, menghina, mengancam, menendang dan segla bentuk kekerasan yang dapat melukai fisik. Representamen menggambarkan kehidupan korban bullying yang disiksa oleh para pelaku bullying dengan sangat kejam. Objek terdapat interaksi antara korban dan pelaku bullying sehingga menyebabkan bullying verbal maupun fisik. Intrepetan terhadap potongan adegan yang mengandung pesan bullying. Akibat bullying, korban dapat mengalami gangguan psikologis dan fisik. Dalam kasus yang parah, bullying bisa menyebabkan kematian, terutama jika korban tidak mampu mengatasi masalahnya dan tidak mendapat dukungan dari orang-orang terdekat.

Kata Kunci: Semiotika, Bullying, Film

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI