DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA FEAR OF MISSING OUT DENGAN SMARTPHONE ADDICTION PADA SISWA DI SMP NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:INTAN PRASETYAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-24


IntanPrasetyawati.2024.HubunganAntaraFearofMissingOutdenganSmartphoneAddictionPadaSiswaDiSMPNegeri5Banjarmasin.Pembimbing: (1) Dr. Sulistiyana, S. Pd., M. Pd; (2) Akhmad Sugianto, S.Pd., M. Pd.

KataKunci:Fearof Missing Out,Smartphone Addiction.

 

Fear of Missing Out merupakan suatu perasaan takut kehilangan sesuatu yang ditandai dengan rasa gelisah saat membuka media sosial apabila tidak mendapatkan informasi terbaru dan takut tidak terhubung dengan orang lain membuat orang tersebut selalu memeriksa media sosialnya agar tetap update dengan menggunakan smartphone dalam intensitas yang cukup tinggi dan hal ini memicu munculnya smartphone addiction. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fear of missing out dengan smartphone addiction pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik penarikan sampel menggunakan sampel jenuh. Peneliti membagikan angket untuk melakukan uji coba instrumen. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Banjarmasin dengan populasi sebanyak 255 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 225 orang menggunakan tingkat kesalahan 5%. Adapun hasil penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment  dan tidak terdapat hubungan antara variabel fear of missing out (X) dengan smartphone addiction (Y) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Banjarmasin, karena dapat diketahui nilai signifikansi untuk hubungan fear of missing out (X) dengan smartphone addiction (Y) adalah 0,289 > 0,05. Artinya variabel fear of missing out dengan smartphone addiction tidak memiliki hubungan Maka (Ho) dapat diterima, bahwa tidak terdapat hubungan antara variabel fear of missing out dengan smartphone addiction pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Banjarmasin.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa fear of missing out tidak memiliki hubungan dengan smartphone addiction pada siswa SMP. Diharapkan peneliti selanjutnya untuk dapat memperhatikan populasi, yakni untuk menambah populasi dijenjang SMP atau sederajat dengan memperhatikan variabel atau faktor lain yang kemungkinan berkaitan dengan fear of missing out dengan smartphone addiction pada siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI