DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK DAN PERILAKU PHUBBING GENERASI Z
PENGARANG:RIDA MAULIDIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-24


Rida Maulidia. 2024. Penggunaan Aplikasi TikTok dan Perilaku Phubbing Generasi Z. Pembimbing: (1) Eklys Cheseda Makaria; (2) Muhammad Andri Setiawan

Kata Kunci: Aplikasi TikTok, Perilaku Phubbing, Generasi Z

Phubbing merupakan fenomena yang terjadi dalam kehidupan kita, terutama karena kecanduan terhadap smartphone karena aplikasi seperti TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat penggunaan aplikasi TikTok, perilaku phubbing, serta gambaran perilaku phubbing di kalangan siswa. Penelitian ini mendalami penggunaan TikTok dan perilaku phubbing pada siswa generasi Z, serta dampaknya terhadap hubungan sosial siswa. Urgensi penelitian ini terletak pada pemahaman mendalam mengenai bagaimana aplikasi TikTok dapat mempengaruhi interaksi sosial dan mendorong penggunaan teknologi yang bijak agar tidak merusak hubungan sosial.

Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method), yaitu pendekatan yang mengombinasikan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan desain Sequential Explanatory. Jumlah populasi siswa adalah 285, sementara sampel penelitian terdiri dari 145 siswa di SMPN 24 Banjarmasin. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat penggunaan aplikasi TikTok berada dalam kategori sedang dengan persentase 80,00%. Sementara itu, tingkat perilaku Phubbing di kalangan siswa juga berada dalam kategori sedang dengan persentase 71,03%.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku phubbing siswa generasi Z di SMPN 24 Banjarmasin masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Penggunaan aplikasi TikTok dengan intensitas penggunaan bervariasi, namun dominan pada kategori sedang, yaitu sekitar 1 sampai 3 jam per hari. Gambaran perilaku Phubbing teridentifikasi dalam berbagai tingkat (tinggi, sedang, dan rendah), dengan beberapa siswa mengakui pernah mengabaikan teman saat berbicara karena topik yang tidak menarik. Peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan hasil penelitian ini dengan pendekatan penelitian lain seperti korelasi, eksperimen, dan lainnya, untuk memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai aplikasi TikTok dan perilaku phubbing.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI