DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PROGRAM KETAHANAN PANGAN MELALUI KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT TIGA BINTANG DI DESA SUNGAI SIPAI MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKY ADITYA PUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-24


Putra, Muhammad Rizky Aditya, 2023. Implementasi Program Ketahanan Pangan Melalui Kelompok Swadaya Masyarakat Tiga Bintang di Desa Sungai Sipai. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Sigit Ruswinarsih, S.Sos., M.Pd.

Kata Kunci: Kelompok Swadaya Masyarakat, Desa Sungai Sipai, Program Ketahanan Pangan

Pada kelompok swadaya masyarakat tiga bintang ini lebih menekankan di program ketahanan pangan desa dan memanfaatkan ketahanan pangan ini sebagai media untuk masyarakat dalam meningkatkan produktivitas ketahanan pangan seperti kualitas sayur-sayuran dan kualitas ikan-ikan yang dibudidaya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Pelaksanaan program ketahanan pangan melalui kelompok swadaya masyarakat tiga Bintang di Desa Sungai Sipai. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam kelompok swadaya Masyarakat tiga bintang di Desa Sungai Sipai.

Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Sumber data yang dipilih menggunakan Teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan teknik mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program ketahanan pangan melalui kelompok swadaya masyarakat tiga Bintang di Desa Sungai Sipai terbagi menjadi empat yaitu: (a) Program ketahanan pangan melalui KSM Tiga Bintang dalam pelatihan usaha kemasyarakatan. (b) KSM Tiga Bintang sebagai pengambilan keputusan secara bersama-sama dalam program ketahanan pangan. (c) KSM Tiga Bintang dan CSR melakukan kolaborasi dalam program ketahanan Pangan di Desa Sungai Sipai. (d) Mengevaluasi Hasil Program Ketahanan Pangan yang dilakukan oleh KSM Tiga Bintang di Desa Sungai Sipai. (2) Faktor pendukung dan penghambat kelompok swadaya tiga bintang dalam program Ketahanan Pangan di Desa Sungai Sipai, Martapura. faktor fendukung nya yaitu: (a) Bantuan dana dan kolaborasi. (b) Partisipasi Masyarakat. faktor Penghambat nya yaitu: (a) sumber daya manusia. (b) keterbatasan lahan)

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: (1) Anggota KSM Tiga Bintang diharapkan untuk terlibat aktif dan lebih berpartisipasi terhadap program yang dijalankan karena anggota yang KSM untuk lebih aktif dan berpartisipasi dalam program ketahanan pangan. (2) Masyarakat di Desa Sungai Sipai turut ikut serta mendukung program ketahanan pangan untuk membangun fasilitas yang ada di Desa Sungai Sipai agar di Desa Sungai Sipai ini menjadi desa yang menjadi pusat produksi tanaman hidroponik serta budidaya ikan (3) Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh peneliti selanjutnya karena untuk menggali permasalahan yang ada di Desa Sungai Sipai dan menjadi bahan acuan untuk kedepannya dan juga KSM tiap tahun ada program yang baru lagi maka dari itu bisa dijadikan bahan untuk penelitian selanjutnya. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI