DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH GOOD GOVERNANCE, SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PENCEGAHAN FRAUD DALAM PENGELOLAAN DANA DESA DI KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:ASWANANDA ROSALINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-25


Aswananda Rosalina (2024), Pengaruh Good Governance, Sistem Pengendalian Internal, dan Komitmen Organisasi Terhadap Pencegahan Fraud Dalam Pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. Pembimbing: Dra. Rawintan Endas Binti, M.Com, MTQM (Hons), Ak, CA, CMA (Aus)

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good governance, sistem pengendalian internal, dan komitmen organisasi terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Unit penelitian ini dilakukan pada 14 Pemerintahan Desa di Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong. Subjek dalam penelitian ini yaitu Aparatur Desa dan BPD yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 126 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian kualitas data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dengan analisis statistik deskriptif, dan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa good governance berpengaruh terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa, sistem pengendalian internal dan komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap pencegahan fraud dalam pengelolaan dana desa

Kata Kunci: Good Governance, Sistem Pengendalian Internal, Komitmen Organisasi, Pencegahan Fraud, Pengelolaan Dana Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI