DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD)
PENGARANG:NIKEN DWI KARTIKA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-25


Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil temuan peneliti pada seorang anak Autism Spectrum Disorder (ASD) yang memiliki kemampuan bahasa dan komunikasi yang jauh lebih baik dibandingkan anak ASD pada umumnya, hal tersebut tentu tidak lepas dari peran dan pola asuh orang tua. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam dan menggambarkan secara deskriptif Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Autism Spectrum Disorder (ASD).

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif metode deskriptif, yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua dari anak ASD dengan fokus penelitian penerapan pola asuh orang tua terhadap perkembangan bahasa pada anak ASD. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua memainkan peran penting terhadap perkembangan bahasa pada anak ASD. Fokus pada perkembangan bahasa menjadi krusial karena komunikasi merupakan keterampilan penting yang perlu dikembangkan pada anak ASD untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Orang tua menggunakan berbagai strategi, seperti mengajak berkomunikas, membacakan buku, dan memberikan stimulus. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, orang tua selalu berusaha dan berinisiatif untuk mendukung perkembangan bahasa pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI