DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KEBIJAKAN DIVIDEN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN TAX AVOIDANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2022)
PENGARANG:FAIZAH IKRAMINA INDILLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-25


 

Faizah Ikramina Indilla (2024).  “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kebijakan Dividen, Kepemilikan Institusional, Leverage, Profitabilitas, dan Tax Avoidance terhadap Nilai Perusahaan (Studi Perusahaan Sektor Barang Konsumen Primer yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2022)”. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Rahma Yuliani, SE, M. Si, Ak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan, (2) menganalisis pengaruh pengungkapan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan, (3) menganalisis pengaruh kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan, (4) menganalisis pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan, (5) menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, (6) menganalisis pengaruh tax avoidance terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana faktor-faktor tersebut memengaruhi nilai perusahaan di tengah tantangan pasar yang dinamis, memberikan wawasan pada para pemangku kepentingan

Populasi penelitian ini terdiri dari 98 perusahan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2021-2022. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling, terpilih 21 perusahan dengan 42 unit sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 29.

Penelitian ini didasarkan pada teori sinyal, yang menyatakan bahwa informasi yang disampaikan oleh perusahaan kepada pasar dapat mempengaruhi penilaian investor terhadap perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan dividen dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Namun, pengungkapan corporate social responsibility, kepemilikan institusional, leverage, dan tax avoidance tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

 

Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kebijakan Dividen, Kepemilikan Institusional, Leverage, Profitabilitas, dan Tax Avoidance.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI