DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS SALURAN DAN PERAN LEMBAGA PEMASARAN IKAN KERING TENGGIRI (Scomberomorus commerson) DI DESA MUARA KINTAP KECAMATAN KINTAP KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:BURHANUDIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-26


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis saluran dan peran lembaga pemasaran ikan kering tenggiri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi dengan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive sampling). Metode analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, (1) analisis saluran pemasaran dan (2) lembaga pemasaran. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) analisis saluran pemasaran terdiri dari 2 pola saluran pemasaran yaitu (a) nelayan, pedagang pengumpul, pedagang pengecer, dan konsumen akhir dengan hasil perhitungan sebesar 15/25x100 = 60%. Nelayan menjual hasilnya ke pedagang pengumpul dengan harga Rp 70.000/Kg, kemudian pendagang pengumpul menjual ke pedagang pengecer dengan harga Rp 75.000/Kg dan pedagang pengecer menjual ke konsumen akhir dengan harga Rp 80.000/Kg. (b) nelayan, pedagang pengumpul dan konsumen akhir dengan hasil perhitungan sebesar 10/25 x 100 = 40%. Nelayan menjual hasil tangkapannya di pedagang pengumpul kemudian dari pedagang pengumpul menjual ke konsumen akhir. Nelayan menjual hasil tangkapannya ke pedagang pengumpul sebesar Rp 70.000/Kg dan pengumpul ke konsumen akhir sebesar Rp 75.000/Kg. (2) lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran yaitu pedagang pengumpul dan pedagang pengecer.

 

Kata Kunci: Saluran Pemasaran, Lembaga Pemasaran, Ikan Tenggiri Kering, Nelayan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI