DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN KEPRIBADIAN BIG 5 TERHADAP INTENSI MEMBELI ONLINE DALAM FITUR LIVE STREAMING SHOPPING
PENGARANG:FINE DIAN NATA CHANDRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-26


Tren belanja online di Indonesia terus berkembang dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya adalah tren belanja melalui fitur live streaming shopping. Model bisnis ini memanfaatkan siaran video langsung untuk menjual produk secara real-time di platform e-commerce. Tren belanja ini dapat mengarah pada keputusan belanja yang impulsif dan kurang hati-hati dari konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepribadian big 5 terhadap intensi membeli online dalam fitur live streaming shopping. Penelitian melibatkan 268 partisipan yang dipilih melalui non-probability sampling metode purposive sampling dengan kriteria usia 18-35 tahun dan warga negara Indonesia. Analisis dilakukan menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistic versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kepribadian big 5 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi belanja online melalui fitur live streaming shopping, dengan kontribusi sebesar 17,4%. Secara parsial, hanya variabel Agreeableness yang berpengaruh signifikan terhadap intensi membeli online dalam fitur live streaming shopping.

Kata kunci : Belanja Online, Live Streaming Shopping, Kepribadian Big 5, Intensi Membeli Online

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI