DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kebijakan Sistem E-Voting Dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong
PENGARANG:DEWI LESTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-26


ABSTRAK

 

 

Dewi Lestari, 2120419320013, 2023. Implementasi Kebijakan Sistem E-Voting Dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong. Dibawah bimbingan Dr. Jamaluddin., M.Si.

 

Penelitian ini berangkat dari kepedulian pemerintah daerah kabupaten tabalong terhadap pesta demokrasi di tingkat desa agar terselenggara dengan baik, dikarenakan dalam pelaksanaannya rawan akan permasalahan seperti adanya potensi kesalahan manusia dalam perhitungan suara. Upaya pemerintah daerah untuk memperbaiki kondisi tersebut yaitu mengeluarkan kebijakan tentang pemilihan kepala desa dengan sistem e-voting.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data, data primer dan data sekunder. Tekhnik pengumpulan data Observasi, wawancara, dokumentasi Tekhnik Analisa data yang digunakan yaitu: 1. Pengumpulan data, 2. Reduksi data, 3. Penyajian data, 4. Verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Kebijakan Sistem E-Voting dalam Pemilihan Kepala Desa di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong telah berjalan dengan baik. Faktor pendukung dalam Implementasi Kebijakan Sistem E-Voting dalam Pemilihan Kepala Desa di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong yaitu: adanya kerjasama dan koordinasi yang baik antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Tabalong, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabalong, dan Panitia Pemilihan Kepala Desa Maburai, serta Badan Pemusyawaratan Desa Maburai, Adanya kepercayaan masyarakat pada sistem e-voting untuk dilaksanakan pada pilkades selanjutnya. Faktor penghambat dalam Implementasi Kebijakan Sistem E-Voting dalam Pemilihan Kepala Desa di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong yaitu: kurangnya anggaran dalam pelaksanaan pilkades dengan sistem e-voting, masih kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana dan minimnya informasi tentang sistem e-voting dalam pemilihan kepala desa.

Hasil penelitian ini menyarankan agar: 1) Implementasi sistem e-voting dalam pemilihan kepala desa di Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong secara umum dapat dikatakan mampu berjalan dengan baik. Namun dari sisi pemilih baik pemula maupun lansia banyak yang belum paham sehingga panitia maupun pihak penyelenggara perlu lebih sabar dan lebih giat lagi dalam memperkenalkan e-voting bisa dengan brosur, pamphlet atau baleho. 2) Perlu adanya perhatian dan pengenalan lebih dalam kepada lansia mengenai sistem e-voting melalui sosialisasi dan simulasi supaya lebih mengerti dan tidak kebingungan dalam menggunakan sistem e-voting.

 

Kata Kunci : Implementasi, Sistem E-Voting Kepala Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI