DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELESTARIAN KESENIAN KUDA LUMPING PADA PAGUYUBAN WAHYU BUDOYO DI DESA KARANG INDAH KECAMATAN MANDASTANA KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD AKMAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-27


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana upaya pelestarian kesenian kuda lumping pada Paguyuban Wahyu Budoyo di Desa Karang Indah Kecamatan MandastanaKabupaten Barito Kuala serta menganalis faktor-faktor yang mempengaruhi pelestarian kesenian kuda lumping pada Paguyuban Wahyu Budoyo di Desa Karang Indah Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik pemeriksaan keabsahan data diperiksa dengan metode triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya pelestarian kesenian kuda lumping pada Paguyuban Wahyu Budoyo dilakukan dengan upaya mempertahankan yaitu menjaga bentuk aslinya dan melaksanakan latihan rutin, upaya mengembangkan yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas, serta dukungan masyarakat sekitar dan pemerintah untuk mengembangkan kesenian kuda lumping di Desa Karang Indah, upaya menyebarluaskan yaitu memanfaatkan media sosial, serta dengan dukungan pemerintah serta junalis. Faktor-faktor yang mempengaruh pelestarian kesenian kuda lumping terbagi menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu (1) dari dalam diri, (2) dukungan keluarga, (3) solidaritas anggota paguyuban, (4) pemerintah, (5) dukungan masyarakat sekitar dan (6) solidaritas komunitas kuda lumping di Kalimantan Selatan. Adapun faktor penghambatnya yaitu (1)  mahalnya biaya pembelian sarana dan prasarana yang lengkap, (2) pelatih yang jumlahnya sedikit, (3) pekerjaan anggota paguyuban, (4) undangan pementasan dari masyarakat yang musiman, serta (5) fasilitas yang kurang memadai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI