DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMPN 14 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | RYZKYNA INTAN SOUFYA RAHMAN | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-06-29 |
ABSTRAK
Ryzkyna Intan S.R. 2024. Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMPN 14 Banjarmasin. Pembimbing: (1) Muhammad Arsyad M.Psi., Psikolog; (2) Dr. Ririanti Rachmayanie J., S.Psi, M.Pd
Kata Kunci: Self-Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik
Siswa memiliki berbagai macam strategi dalam mengatasi permasalahan belajar mereka. Strategi tersebut disebut dengan self-regulated learning yang berhubungan dengan Tingkat prokrastinasi akademik siswa. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMPN 14 Banjarmasin.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiasi. Alat pengumpulan data adalah angket skala likert “self-regulated learning dan prokrastinasi akademik” dan teknik penarikan sampel probability sampling dengan menggunakan proportionate stratified random sampling dengan 245 sampel penelitian yaitu siswa SMPN 14 Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan statistik deksriptif dan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self-regulated learning siswa tergolong tinggi dan prokrastinasi akademik siswa tergolong rendah. Dari perhitungan regresi linier sederhana didapatkan hasil R Square sebesar 54,1% dan nilai signifikansi untuk pengaruh self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik adalah 0,001 < 0,05.Jadi kesimpulan pada penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMPN 14 Banjarmasin.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI