DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Representasi Feminisme Radikal Dalam Film Women Talking (Analisis Semiotika John Fiske)
PENGARANG:FARADELLA PUTRI PIRZADA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-29


Faradella Putri Pirzada, 2010414220030, 2024, Representasi Feminisme Radikal Dalam Film Women Talking (Analisis Semiotika John Fiske). Di bawah bimbingan Astinana Yuliarti.

            Film Women Talking yang rilis pada tahun 2018 dari sutradara film Sarah Polley mengangkat topik film mengenai kekerasan seksual dan perlawanan feminisme perempuan atas ketidakadilan gender yang mereka alami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi adegan yang merepresentasikan gerakan feminisme radikal yang dianalisis melalui konsep ketidakadilan gender dalam film Women Talking dengan memakai teknik analisis data Semiotika John Fiske yang dibagi menjadi tiga level yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori representasi oleh Stuart Hall.

            Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Dengan cara teknik pengumpulan data berdasarkan observasi film, studi pustaka, dan dokumentasi cuplikan film yang memuat nilai feminisme radikal.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film ini terdapat 9 adegan dari total 114 adegan yang merepresentasikan gerakan feminisme radikal yang dianalisis melalui aspek bentuk kekerasan terhadap perempuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa film Women Talking secara jelas merepresentasikan patriarki sebagai target perlawanan dari aliran Feminisme Radikal. Ada 4 adegan yang melawan atas ideologi patriarki, 4 adegan yang melawan terhadap pemerkosaan, dan 1 adegan yang melawan terhadap KDRT.

 

Kata Kunci: Feminisme Radikal, Representasi, Film, Analisis Semiotika, Ketidakadilan Gender, Patriarki

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI