DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PEMBELAJARAN DRAMA KELAS VIII MTS SITI MARIAM BANJARMASIN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) | |
PENGARANG | : | NOR ALYA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2024-06-30 |
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, respon peserta didik, dan menulis teks drama menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Think Talk Write adalah dimulai dari keterlibatan peserta didik untuk berpikir setelah proses membaca dan selanjutnya berbicara dan membagi ide dengan berdiskusi bersama teman. Model ini berpusat pada peserta didik dengan strategi melibatkan secara langsung proses pembelajaran dan mengacu pada pembelajaran yang bisa mengkonstruksi penguasaan konsep peserta didik dimulai berpikir, berbicara dan terakhir menulis.
Penelitian ini dilakukan di MTs Siti Mariam beralamat Jl. Kelayan A, Gang PGA No.135. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan metode deskriptif melalui sasaran penelitian guru bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VIII-A. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Aspek penilaian dalam keterampilan menulis teks drama ialah penokohan, latar, alur dan konflik, tema, dialog, amanat, struktur drama, dan penulisan.
Hasil penelitian ini bahwa menggunakan model Think Talk Write sebagai model pembelajaran drama peserta didik kelas VIII MTs Siti Mariam Banjarmasin mendapatkan tanggapan positif dari guru dan peserta didik. Nilai rata-rata yang aktivitas guru dalam pembelajaran melalui model pembelajaran model Think Talk Write ialah 80%sesuai kriteria penilaian sangat baik. Aktivitas respon peserta didik kegiatan pembelajaran melalui model pembelajaran model Think Talk Write ialah 80,2% sesuai kriteria penilaian sangat baik. Selanjutnya, hasil kemampuan menulis peserta didik dalam pembelajaran drama menggunakan model tersebut dengan nilai rata-rata 90,2 jika dilihat dalam indikator penilaian menulis dengan kriteria secara tuntas dan seluruh peserta didik memenuhi KKM. Dengan demikian, penggunaan model Think Talk Write sangat baik digunakan.
Kata kunci: pembelajaran, keterampilan menulis, Think Talk Write (TTW)
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI