DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PEMBELAJARAN DRAMA KELAS VIII MTS SITI MARIAM BANJARMASIN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW)
PENGARANG:NOR ALYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-30


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, respon peserta didik, dan  menulis teks drama menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW).  Think Talk Write adalah dimulai dari keterlibatan peserta didik untuk berpikir setelah proses membaca dan selanjutnya berbicara dan membagi ide dengan berdiskusi bersama teman. Model ini berpusat pada peserta didik dengan strategi melibatkan secara langsung proses pembelajaran dan mengacu pada pembelajaran yang bisa mengkonstruksi penguasaan konsep peserta didik dimulai berpikir, berbicara dan  terakhir menulis.

Penelitian ini dilakukan di MTs Siti Mariam beralamat  Jl. Kelayan A, Gang PGA No.135. Penelitian ini menggunakan  jenis kualitatif dengan metode deskriptif melalui sasaran penelitian guru bahasa Indonesia  dan peserta didik  kelas VIII-A.   Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Aspek penilaian dalam keterampilan menulis teks drama ialah  penokohan,  latar, alur dan konflik,  tema, dialog, amanat, struktur  drama, dan penulisan.

Hasil  penelitian ini  bahwa menggunakan  model Think Talk Write sebagai  model pembelajaran drama peserta didik kelas VIII MTs Siti  Mariam Banjarmasin  mendapatkan tanggapan positif dari guru dan peserta didik. Nilai rata-rata yang aktivitas guru dalam pembelajaran melalui model pembelajaran model Think Talk Write ialah 80%sesuai kriteria penilaian sangat baik.  Aktivitas respon peserta didik kegiatan pembelajaran melalui model pembelajaran model Think Talk Write  ialah 80,2% sesuai kriteria penilaian sangat baik.  Selanjutnya, hasil kemampuan menulis peserta didik dalam pembelajaran drama menggunakan model tersebut dengan nilai rata-rata 90,2 jika dilihat dalam indikator penilaian menulis dengan kriteria secara tuntas dan seluruh peserta didik memenuhi KKM. Dengan demikian, penggunaan model Think Talk Write  sangat baik digunakan.

Kata kunci: pembelajaran, keterampilan menulis, Think Talk Write (TTW)

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI