DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian Produk Skincare Melalui Media Sosial TikTok Pada Kalangan Mahasiswa FISIP ULM Kota Banjarmasin
PENGARANG:RIZKY AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-07-02


ABSTRAK

 

Rizky Amalia, 2024,Perilaku Konsumtif Dalam Pembelian ProdukSkincare Melalui Media Sosial TikTok Pada Kalangan Mahasiswa FISIP ULM Kota Banjarmasin, Skripsi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat. Di bawah bimbingan Varinia Pura Damaiyanti, S.Sos. M.Si.

 

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami bagaimana perilaku konsumtif, yang dikaji menggunakan teori konsumerisme dari Jean Baudrillard dalam pembelian produk skincare yang dipengaruhi oleh tayangan konten-konten di media sosial khususnya TikTok yang kini telah menjadi platform utama yang memengaruhi keputusan pembelian terutama di kalangan mahasiswa FISIP ULM Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terus terang atau tersamar, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi.

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya konten review skincare pada TikTok membuat mahasiswa memiliki perilaku konsumtif dalam belanja online. Bentuk perilaku konsumtif yang dilakukan adalah membeli karena timbulnya rasa penasaran akan suatu produk yang dipromosikan oleh content creator TikTok. Faktor yang melatarbelakangi mahasiswa sehingga berperilaku konsumtif dalam berbelanja online karena adanya suatu produk yang menjadi trend, penyampaian informasi dan review yang jelas bahkan berlebihan, visualisasi dari content creator yang menarik, video yang diedit menarik, brand skincare yang berkolaborasi dengan Idol K-pop, dan promo serta diskon-diskon yang menarik. Hal ini menunjukan bahwa mahasiswa mengonsumsi suatu produk bukan lagi untuk memenuhi kebutuhannya, melainkan untuk memenuhi hasratnya. Ini yang disebut Baudrillard sebagai pergeseran makna konsumsi yang tidak lagi berdasarkan nilai guna melainkan nilai tanda.

 

Kata Kunci: Mahasiswa, Media Sosial TikTok, Skincare, Perilaku Konsumtif

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI