DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MUATAN IPAS MELALUI KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, INKUIRI TERBIMBING, DAN TALKING STICK KELAS V SDN BARANGAS BARAT 2 KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:TIA ANDRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-02


ABSTRAK

Andriani, Tia (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Belajar Pada Muatan IPAS Melalui Kombinasi Model Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, Dan Talking Stick  Kelas V Sdn Barangas Barat 2 Kabupaten Barito Kuala.Skrispsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dessy Dwitalia Sari, M.Pd

 

Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar Siswa, Problem based learning, Guided Inquiry and Talking Stick

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPAS. Penyebabnya karena pembelajaran tidak berpusat pada siswa, sehingga siswa belum bisa berpikir kritis dalam memecahkan masalah, kurangnya rasa ingin tahu, dan pembelajaran masih monoton sehingga membuat siswa merasa bosan. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, dan Talking Stick dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas pembelajaran melalui menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan IV pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Barangas Bart 2 Kabupaten Barito Kuala berjumlah 19 orang siswa terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari 26% menjadi 100% dan memperoleh kriteria sangat terampil. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I sampai IV meningkat dari persentase 31% menjadi 100% dan memperoleh kriteria sangat tinggi. 

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning, Inkuiri Terbimbing, dan Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI