DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Permainan Dart Ball Board dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak ADHD di SDN 1 Sungai Besar
PENGARANG:FATIMATUZZAHRO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-02


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada anak ADHD yang mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi dalam kegiatan belajar di kelas. Hal ini terlihat dari anak belum mampu duduk diam dan selalu mengalihkan perhatian saat mengerjakan tugas. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian yang dilakukan mengenai kemampuan konsentrasi belajar dengan menggunakan permainan Dart Ball Board. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penggunaan permainan Dart Ball Board terhadap peningkatan konsentrasi belajar anak ADHD.

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Single Subject Research (SSR). Desain penelitian ini menggunakan A-B-A yang berarti memberikan hubungan sebab akibat diantara variabel terikat dan variabel bebas. Subjek penelitian ini adalah anak ADHD di SDN 1 Sungai Besar dengan jumlah 1 orang. Teknik pencatatan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan Dart Ball Board bagi anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SDN 1 Sungai Besar dapat meningkatkan konsentrasi anak. Hal ini terlihat dengan adanya peningkatan kemampuan konsentrasi belajar anak pada hasil Intervensi ke Baseline 2 (A2 ), dengan menggunakan permainan Dart Ball Board adanya peningkatan setelah pemberian treatmen pada anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan Dart Ball Board dapat meningkatkan konsentrasi belajar pada anak ADHD. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI