DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PICTURE AND PICTURE, TALKING STICK DI SDN BANUA ANYAR 8 BANJARMASIN
PENGARANG:JAMALIATUL ABNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-02


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan menganalisis peningkatan aktivitas ,menganalisis aktivitas belajar dan peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan memakai model pembelajaran PBL, PAP, Talking Stick pada kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah PTK. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa sedangkan data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 20 siswa SDN Banua Anyar 8 Banjarmasin. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 33, pertemuan 2 memperoleh skor 38, pertemuan 3 memperoleh skor 40.Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh persentase 60%, pertemuan 2 memperoleh persentase 70%, pertemuan 3 memperoleh persentase 85%. Adapun keterampilan berpikir kritis pada pertemuan 1 memperoleh persentase 60%, pertemuan 2 memperoleh persentase 75%, pertemuan 3 memperoleh persentase 85%.

Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Picture And Picture, Talking Stick, Aktivitas Siswa Keterampilan Berpikir Kritis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI