DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelaksanaan Program Kemitraan Satuan PAUD dan Keluarga (Studi Multi Situs TK Negeri Pembina Inti dan TK Islam Terpadu Ukhuwah)
PENGARANG:AYU CHRISTY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-02


Memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak sangatlah luas dan holistik, PAUD tidak mampu memenuhi semua kebutuhan tumbuh kembang anak jika tidak didukung oleh peran dan keterlibatan bermakna antara lembaga PAUD dan keluarga. Untuk menjalin terciptanya kesinambungan pendidikan dalam belajar, bermain dan nilai-nilai pendidikan antara satuan PAUD dan keluarga perlu menjalin kemitraan yang terprogram antara satuan PAUD dan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan manajemen pelaksanaan kemitraan, dan upaya meningkatkan kemitraan satuan PAUD dan keluarga.

          Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan studi multi situs. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, bahan referensi, triangulasi, membercheck, dan analisis kasus negatif.

          Hasil analisis data penelitian disimpulkan bahwa : 1) Manajemen pelaksanaan kemitraan satuan PAUD dan keluarga yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan diawali dengan rapat antara kepala sekolah, guru, dan orang tua dilanjutkan dengan pemetaan karakteristik dan potensi orang tua melalui jalur PPDB. Pelaksanaannya dimulai dengan penyampaian program kemitraan kepada orang tua di awal tahun ajaran secara lisan dan tertulis, kemudian pembentukan komite sekolah dari perwakilan kelas, dan melaksanakan program kegiatan rutin yang melibatkan orang tua yang terdapat dalam program tahunan. Evaluasi dilakukan untuk menilai efektivitas program dan memberikan masukan untuk perbaikan, rencana tindak lanjut disusun sebagai bahan perbaikan untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya. 2) Upaya meningkatkan kemitraan satuan PAUD dan keluarga dapat dilakukan dengan menyampaikan laporan hasil belajar kepada orang tua, menggunakan dokumen dan media sebagai wadah komunikasi dengan orang tua, dan melibatkan orang tua aktif dalam mendukung pembelajaran.

Saran untuk sekolah, meningkatkan kemitraan adalah tanggung jawab bersama antara satuan PAUD dan orang tua, sehingga perlu disosialisasikan pentingnya kemitraan untuk meningkatkan hasil belajar anak, dan satuan PAUD dapat memberikan penghargaan kepada orang tua yang aktif terlibat dalam kemitraan satuan PAUD dan keluarga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI