DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PjBL, MAKE a MATCH PADA KELOMPOK B TK KENANGA BANJARMASIN
PENGARANG:DWI MELIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-02


Meliani, Dwi. 2024. “Mengembangkan Motivasi, Aktivitas, dan Mengenal             Bentuk-Bentuk Geometri Menggunakan Kombinasi Model Pjbl, Make a           Match Pada Kelompok B TK Kenanga Banjarmasin” Skripsi Program S1     Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu             Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen          Pembimbing : Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd.,Ph.D.

Kata Kunci : Motivasi, Aktivitas, dan Mengenal Bentuk-bentuk Geometri, PjBL, Make a Match, Media Figura Geometri.

Permasalahan dalam penelitian ini rendahnya motivasi, aktivitas, dan perkembangan kognitif dalam mengenal bentuk-bentuk geometri. Hal ini disebabkan karena pembelajaran kurang bermakna, pembelajaran bersifat satu arah, pembelajaran yang kurang menarik, dan pembelajaran bersifat abstrak. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan kombinasi model PjBL, Make a Match, dan media Figura Geometri. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis motivasi belajar, aktivitas anak, dan perkembangan kognitif dalam mengenal bentuk-bentuk geometri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan 4 kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah anak kelompok B TK Kenanga Banjarmasin yang berjumlah 9 orang anak (5 laki-laki dan 4 perempuan). Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif melalui observasi aktivitas guru dan anak, teknik pengumpulan data melalui observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang disajikan dengan cross table dan grafik sesuai indikator keberhasilan yang ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 kriteria baik, pertemuan 3 sangat baik, dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Motivasi belajar anak pada pertemuan 1 mencapai 33%, pertemuan 2 mencapai 67%, pertemuan 3 mencapai 89%, dan pertemuan 4 mencapai 100%. Aktivitas anak pada pertemuan 1 mencapai 33%, pertemuan 2 mencapai 67%, pertemuan 3 mencapai 78%, dan pertemuan 4 mencapai 100%. Ketuntasan klasikal hasil perkembangan kognitif dalam mengenal bentuk-bentuk geometri pada pertemuan 1 mencapai 33%, pertemuan 2 mencapai 78%, pertemuan 3 mencapai 89%, dan pertemuan 4 mencapai 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model PjBL, Make a Match, dan media Figura Geometri dapat mengembangkan motivasi, aktivitas, dan mengenal bentuk-bentuk geometri anak. Model ini disarankan untuk digunakan sebagai salah satu alternatif untuk menstimulasi kemampuan anak terutama dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal bentuk geometri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI