DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN DISIPLIN, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PANTING PADA SISWA KELAS VA SDN SUNGAI JINGAH 4
PENGARANG:BELLA SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-02


ABSTRAK

Safitri, Bella, 2024. Meningkatkan Disiplin, Motivasi,Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model PANTING Pada Kelas VA SDN Sungai Jingah 4.SkripsiProgramS1PendidikanGuruSekolahDasar.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung MangkuratBanjarmasin.PembimbingAri Hidayat, M.Pd.

 

Kata Kunci:Disiplin, Motivasi, HasilBelajar,PANTING

Masalah yang terjadi di kelas VA SDN Sungai Jingah 4 adalah belum memaksimalkan disiplin siswa dan belummemiliki motivasi yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh siswa yang masih pasif, tidak patuh terhadap peraturan kelas, beberapa siswa juga mengganggu teman sekelasnya sehingga dapat mengganggu konsentrasi dan fokus pembelajaran, berprilaku mengganggu seperti berbicara dengan keras di kelas dan berkelahi, masih suka mengerjakan hal lain saat pembelajaran dan siswa kurang memiliki minat terhadap pembelajaran PPKn karena dianggap membosankan. Upaya untuk mengatasipermasalahantersebutadalahdenganmenggunakan modelPANTING.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilaksanakandenganempatkali  pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SDN Sungai Jingah 4 Tahun  Ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 21 orang terdiri dari 8 orang siswalaki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Data yang di ambil berupadatakualitatifyangdiperolehmelaluiobservasiaktivitasguru,siswa,disiplin, dan motivasi kemudian menggunakan data kuantitatifyangdiperolehmelaluitestertulis secara kelompok dan individu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis yang dijabarkan dengan tabel, gambar, dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan hasil aktivitas guru pada pertemuan 1sampai 4 meningkat dari skor 19 dengan kriteria “cukup baik” menjadi 32dengan kriteria “sangat baik”. Observasi aktivitas siswa pada pertemuan 1sampai 4 secara klasikal meningkat dari 42,86% dengan kriteria “kurang aktif”  menjadi90,48%dengankriteriasangataktif”.Observasidisiplin siswa pada pertemuan 1 sampai 4 secara klasikal meningkatdari 42,86% dengan kriteria “kurang disiplin” menjadi 90,48% dengan kriteriasangat disiplin”. Observasi motivasi belajar siswa padapertemuan1sampai4secaraklasikalmeningkatdari47,62%dengankriteria “motivasi cukup tinggi”menjadi 100% dengankriteria “motivasi sangat tinggi”.Hasilbelajar aspek kognitif siswa secara klasikal pada pertemuan 1 sampai4meningkat dari 47,62% menjadi 100%, Hasil belajar aspek afektif siswasecara klasikal pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 42,86% menjadi100%.Hasilbelajaraspekpsikomotoriksiswasecaraklasikalpadapertemuan1 sampai 4 meningkatdari 57,14% menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajarandenganmenggunakanmodelPANTINGdapatmeningkatkanaktivitasguru, aktivitas siswa, disiplin, motivasi, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI