DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN DISIPLIN GURU TERHADAP KINERJA GURU TK SE KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:NORHAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-02


Norhayati. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Interpersonal dan Disiplin Guru terhadap Kinerja Guru TK di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D. (II) Dr. A. Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Interpersonal, Disiplin Guru, Kinerja Guru

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya Kinerja guru di TK se- Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini bertujuan untuk:

(1)Mendeskripsikan kepemimpinan transformasional, komunikasi interpersonal, disiplin guru dan kinerja guru tk se-kecamatan babirik kabupaten hulu sungai utara,

(2)Menganalisis pengaruh langsung kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru, komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru, disiplin guru terhadap kinerja guru, kepemimpinan transformasional terhadap disiplin guru, komunikasi interpersonal terhadap disiplin guru, (3) Pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru melalui disiplin guru; komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru melalui disiplin guru.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode deskriptif- kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua guru TK di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara sebanyak 138 orang dengan jumlah sampel sebanyak 103 orang responden yang diambil dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara: (1) Kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru sebesar 0,658, (2) Komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru sebesar 0,547, (3) Disiplin kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 0,793, (4) Kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja guru sebesar 0,576, (5) Komunikasi interpersonal terhadap disiplin kerja guru sebesar 0,591, (6) Kepemimpinan transformasional melalui disiplin kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 2,887, (7) Komunikasi interpersonal melalui disiplin kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 3,075. berdasarkan hasil uji koefisiensi determinasi menunjukkan bahwa nilai r square variabel kinerja sebesar 0,796. Dengan demikian, kepemimpinan transformasional, komunikasi interpersonal dan disiplin guru berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 79,3% sedangkan sisanya sebesar 20,7% dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Hal ini berarti variabel kepemimpinan transformasional dan komunikasi interpersonal berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 20,4% sedangkan sisanya sebesar 79,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah diharapkan untuk mempengaruhi kinerja guru dengan kharisma, inspirasional, perhatian individual, serta stimulus intelektual, guru diharapkan meningkatkan Intensitas kedisiplinan individu dan bekerjasama dengan orang tua dan guru meningkatkan rasa nyaman dalam bekerja dengan terlebih dahulu membentuk komunikasi yang baik dengan atasan maupun teman.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI