DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS IV SDN 1 WAYAU KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:NOUR IZZATUL HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-02


 

 

ABSTRAK

Hasanah, Nur Izzatul (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Materi Indonesiaku Kaya Budaya Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Student Teams Achievement Divisions dan Picture And Picture Siswa Kelas IV SDN 1 Wayau Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr.Hj.Susilawaty, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar,Problem Based Learning, Student Teams Achievement Divisions dan Picture And Picture.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Wayau Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong terhadap muatan IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya. Penyebab dari masalah dalam penelitian ini adalah Kurangnya partisipasi siswa dalam belajar karena terbatasnya media pembelajaran, kurangnya kerja sama dan pasif saat berdiskusi, siswa mengerjakan soal secara asal-asalan, pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan serta kurang bermakna bagi siswa dan adanya transisi pergantian kurikulum K13 ke kurikulum Merdeka. Upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Student Teams Achievement Divisions dan Picture And Picture.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama tiga pertemuan. Setting penelitian dilakukan di SDN 1 Wayau Kecamatan Tanjung, kabupaten Tabalong pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 20 orang tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan pada muatan IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif yaitu berupa observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar yang diperoleh melalui penilaian formatif dan sumatif dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Problem Based Learning, Student Teams Achievement Divisions dan Picture And Picturepada pertemuan III menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh skor 97,2 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa memperoleh skor 100 dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar ketuntasan mencapai 100%. 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning, Student Teams Achievement Divisions dan Picture And Picture dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada muatan IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya. Disarankan kepada guru untuk menggunakan kombinasi Problem Based Learning, Student Teams Achievement Divisions dan Picture And Picture dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI