DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENANGULANGI KEBAKARAN PERMUKIMAN DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NOR ISTIQAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-05


Nor Istiqamah, 2010413320013, 2024. Peran Pemerintah Daerah dalam Menanggulangi Kebakaran Permukiman di Kota Banjarmasin. Di bawah bimbingan Bapak Abdurrahman.

Penelitian ini bertujuan mengetahui peran pemerintah daerah dalam menanggulangi kebakaran permukiman di Kota Banjarmasin. Bencana yang sering terjadi di Kalimantan Selatan yaitu kebakaran hutan, lahan serta kebakaran permukiman. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banjarmasin menyebut kasus kebakaran setempat cenderung meningkat per tahunnya. Salah satu komponen penting dalam penanggulangan kebakaran adalah mengetahui apa yang menyebabkan kebakaran terjadi dan kesiapan untuk melakukan tindakan penanggulangan kebakaran secara menyeluruh.  Metode yang dipakai kualitatif dengan tipe deskriptif. Teori pada penelitian ini menggunakan teori peran dari Horoepoetri, Arimbi dan Santosa, yaitu peran sebagai kebijakan, peran sebagai strategi, dan peran sebagai alat komunikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemerintah daerah dalam menanggulangi kebakaran permukiman di Kota Banjarmasin terlaksana dengan baik. Hal ini mencakup peran pemerintah dalam mengatur dan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai regulasi. Strategi yang digunakan dengan melakukan pengendalian hal teknis yang berkaitan dengan pencegahan dan penanggulangan. Dan berperan penting dalam komunikasi sebagai koordinator dalam operasi pemadaman bersama dengan Barisan Pemadam Kebakaran. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disarankan agar masyarakat memperhatikan kondisi listrik, kompor dan barang yang mudah terbakar lainnya di rumah dan untuk Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banjarmasin meningkatkan kemampuan dan perlu satu pemahaman dengan Barisan Pemadam Kebakaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI