DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA ASPEK MEMBACA PEMAHAMAN TEKS NARASI MENGGUNAKAN MODEL PANTING SISWA KELAS 4 SDN GAMBUT 8 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SITI NOR IHSANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-08-05


ABSTRAK

Ihsana, Siti, Nor. 2024. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Aspek Membaca Pemahaman Teks Narasi Menggunakan Model PANTING Siswa Kelas 4 SDN Gambut 8 Kabupaten Banjar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Model PANTING, Membaca Pemahaman, Teks Narasi

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada aspek membaca pemahaman teks narasi di kelas 4 SDN Gambut 8 Kabupaten Banjar yang disebabkan oleh pembelajaran yang tidak sepenuhnya berpusat pada siswa, kurangnya kegiatan membaca serta minimnya penggunaan model pembelajaran yang beragam dan mendukung siswa terhadap pemahaman teks. Salah satu upaya menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model PANTING dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Gambut 8 Kabupaten Banjar yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Adapun indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah aktivitas guru mencapai kategori “sangat baik” dan aktivitas siswa mencapai kategori “sangat aktif” serta siswa mencapai ketuntasan belajar secara individu ≥70 dengan ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 memperoleh skor 19 (79%) dengan kategori “baik” meningkat pada siklus II pertemuan 2 berhasil mencapai skor 23 (96%) dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh persentase 20% dengan kategori “kurang aktif” meningkat pada siklus II pertemuan 2 menjadi 87% dengan kategori “sangat aktif”. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 memperoleh persentase 20% meningkat pada siklus II pertemuan 2 berhasil mencapai 87%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PANTING dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada aspek membaca pemahaman teks narasi di kelas 4 SDN Gambut 8 Kabupaten Banjar dan hipotesis dapat diterima. Sehingga disarankan kepada guru sebagai alternatif dan pertimbangan dalam memilih model pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI